Home » berita » 5 HAL PENTING MENJELANG UNBK 2020 – SMK YADIKA 13 TAMSEL

5 HAL PENTING MENJELANG UNBK 2020 – SMK YADIKA 13 TAMSEL

BEKASI – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014, hampir sudah 6 tahun UNBK ini dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan di Indonesia. Akan tetapi tidak semua sekolah di Indonesia dapat mengikuti UNBK ini, dikarenakan terkendala dari segi jaringan, perangkat, maupun lokasi yang terpencil. (unbk.kemdikbud.go.id)

Pada pelaksanaan UNBK tahun 2020 ini, SMK Yadika 13 Tambun Selatan merupakan salah satu sekolah yang konsisten mengikuti UNBK dari tahun ke tahun. Ini adalah tahun ke 4 sekolah mengikuti kegiatan UNBK, tentunya banyak pengalaman yang diraih oleh proktor maupun teknisi di SMK Yadika 13 ini. 

Tahun ini sekolah membagi kedalam 3 sesi ujian, 5 ruangan lab Komputer, Ac/Pendingin di setiap ruangan dan beberapa komputer cadangan client/server yang sudah disiapkan oleh sekolah. (Selasa, 18 Februari 2020)

UNBK di SMK Yadika 13 Tamsel tahun ini diikuti  lebih dari 300 orang peserta didik dari 4 kejuruan yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Teknik Kendaraan Ringan.

Bapak Dani Setiawan selaku kesiswaan di SMK Yadika 13 mengatakan perisapan Gladi Bersih UNBK 2020 ini sekolah sudah maksimal dari beberapa hari sebelumnya, namun hari pertama sekolah mendapat trouble dari server pusat yang mengakibatkan Gladi Bersih UNBK hari pertama tidak dapat dilaksanakan. Tidak hanya SMK Yadika 13 saja, sekolah SMK se Nasional juga mendapatkan trouble yang sama.Pada hari ke dua ini, sekolah dapat melangsungkan gladi bersih UNBK 2020 dengan lancar sampai dengan sesi 3 selesai.

“Dari jauh hari kami sudah mempersiapkan diri untuk Gladi Bersih UNBK 2020 ini, tapi sayang ada beberapa kendala secara Nasional yang kami alami sehingga siswa pada hari pertama tidak bisa melaksanakan Gladi Bersih UNBK 2020. Untuk hari ke 2 alhamdulillah berjalan dengan lancar, sempat terjadi trouble kecil namun dapat kami atasi dengan cepat” ungkapnya.

Beliau berpesan kepada seluruh siswa-siswi SLTA di Indonesia khususnya SMK Yadika 13 Tamsel untuk memerhatikan 5 aktivitas yang penting menjelang UNBK 2020,  yaitu pola makan yang benar, tidak begadang, mengurangi aktivitas maen game, menghindari aktivitas balapan motor atau nongkrong di tempat-tempat yang tidak representatif untuk belajar guna kelancaraan UNBK Tahun 2020 di Indonesia.

Sekolah berharap UNBK tahun 2020 di Indonesia ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang serius, bapak/ibu proktor dan teknisi nya diberikan kesehatan dan semoga siswa-siswinya diberikan kelancaran serta hasil yang maksimal.

Jadwal Sesi UNBK :

Sesi 1 : 07:30 WIB – 09:30 WIB
Sesi 2 : 10:30 WIB – 12:30 WIB
Sesi 3 : 14:00 WIB – 16:00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *