Home » Artikel » Ibu-ibu Kader Rw 02 Kelurahan Sukaresmi Meningkatkan Kualitas Diri dengan Pelatihan Microsoft Excel

Ibu-ibu Kader Rw 02 Kelurahan Sukaresmi Meningkatkan Kualitas Diri dengan Pelatihan Microsoft Excel

Tangerang, Pada tanggal 10 Maret 2018 AMIK BSI Tangerang menggelar kegiatan pelatihan yang dikemas sebagai pengabdian kepada masyarakat untuk Ibu-ibu kader Rw 02 Kelurahan Sukaresmi yang beralamat di Jln Raya Cilebut Jembatan Satu, Gang Masjid Arrahman. Kegiatan ini merupakan pengamalan tri dharma perguruan tinggi merupakan kewajiabn yang rutin dilaksanakan sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan no 12 tahun 2012. AMIK BSI Tangerang memberikan pelatihan ketrampilan dalam berhitung dan mengelola data dengan memanfaatkan software Microsoft excel.

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan bentuk Pengabdian setiap perguruan tinggi Kepada Masyarakat agar masyarakat dapat meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi yang tersebar semakin cepat, dalam hal ini informasi yang dimaksud merupakan data yang dalam penggunaan sehari-harinya membutuhkan pengolahan terlebih dahulu sebelum sampai kepada atasan dalam bentuk laporan atau informasi yang telah diolah untuk orang-orang yang membutuhkan.

Pelaksanaan kegiatan diadakan di gedung aula pengajian ibu-ibu Rw 02 Kelurahan Sukaresmi, peserta kegiatan berjumlah 15 orang ibu-ibu yang kebanyakan memang sama sekali belum pernah belajar microsoft excel, inipun menjadi tantangan tersendiri bagi tutor. Sangat minimnya interaksi antara peserta dengan dunia komputer ternyata tidak menjadikan hal tersebut sebagai hambatan. Hal ini dibuktikan dengan tuntasnya mereka dalam mengerjakan tugas yang diberikan, baik dalam pengetikan maupun penggunaan formula rumus-rumus khas excel.

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap semester dengan target dan lokasi yang berbeda-beda, dengan harapan agar dapat banyak membantu masyarakat khususnya pelatihan dibidang komputer dengan ilmu terapan praktis, namun tidak menutup kemungkinan untuk pelatihan kedepan  dapat dilaksanankan dengan materi dan komunitas masyarakat yang berbeda. Misal pelatihan marketing melalui media sosial, memberikan bekal untuk UKM dalam memasarkan produknya melalui promosi murah dengan berbasis web agar dapat menjangkau wilayah yang tidak terbatas, dan lain-lain. Akhir kata semoga kegiatan tri dharma ini dapat membantu masyarakat untuk lebih maju dengan cara terus mengembangkan potensi diri melalui dunia teknologi informasi dan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *