Home » Artikel » Pengabdian Masyarakat AMIK BSI Jakarta : Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai sarana sharing pengetahuan sesama profesi pengajar.

Pengabdian Masyarakat AMIK BSI Jakarta : Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai sarana sharing pengetahuan sesama profesi pengajar.

(Bogor, 08 September 2017) Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi kali ini AMIK BSI Jakarta memberikan pelatihan ketrampilan dalam berhitung dan mengelola data. Tentunya ketrampilan tersebut berbasis computer yaitu menggunakan software Microsoft excel. Adapun peserta target semester ganjil 2017 ini adalah para pengajar paud dan taman kanak-kanak yang tergabung pada kumpulan guru pengajar paud dan TK dengan nama “Bunaya”. Anggota yang tergabung didalamnya lebih dari 40 orang guru yang tersebar diwilayah bogor.

Pelaksanaan kegiatan ini berlokasi dikampus BSI Cilebut pada tanggal 08 September 2017 ba’da sholat jum’at. Guru yang hadir saat itu 80% masih muda dan bersemangat untuk menerima ilmu menghitung dengan computer khususnya aplikasi excel, sebagian besar dari para guru sudah mengenal dengan baik namun kendala yang mereka hadapi adalah jarangnya mereka bertinteraksi dengan computer sehingga dapat diprediksi untuk pengetikan agak memakan waktu. Namun hal tersebut tidak menjadi hambatan hal itu terbukti dengan terselenggaranya dan tuntasnya mereka dalam mengerjakan tugas yang diberikan, berupa formula rumus-rumus khas excel yang sering mereka temui dalam bekerja.

Pelaksanaan dibagi menjadi dua ruang lab dimana satu ruang berkapasitas 20 orang dan setiap ruang dikelola lima orang, satu tutor dan 4 asisten yang menangani dan membimbing peserta dalam praktek pelatihan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap semester dengan target dan lokasi yang berbeda-beda dengan harapan agar dapat banyak membantu masyarakat khususnya pelatihan dibidang computer dengan ilmu terapan praktis, namun tidak menutup kemungkinan untuk pelatihan kedepan  dapat dilaksanankan dengan materi dan komunitas masyarakat yang berbeda. Misal pelatihan marketing melalui media social, memberikan bekal untuk UKM dalam memasarkan produknya melalui promosi murah dengan berbasis web agar dapat menjangkau wilayah yang tidak terbatas. Akhir kata semoga kegiatan tri dharma ini dapat membantu masyarakat untuk lebih maju. (Ssm 201709218).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *