Home » Artikel » Cara Sederhana Agar Bumi Panjang Umur

Cara Sederhana Agar Bumi Panjang Umur

cara-sederhana-agar-bumi-panjang-umur

Tahukah Kamu berapa Umur Bumi kita ? iya,  menurut para ahli Umur Bumi kita sekitar 4.543 Milyar Tahun. Umur Bumi kita sudah tidak lagi muda, bahkan Bumi kita pun sudah banyak mengalami perubahan Seperti Hilangnya bagian daratan-daratan di bumi serta mencair nya Gunung-gunung Es di Kutub. Tentunya hal ini sangat meresahkan kita,  oleh sebab itu yuk lakukan cara-cara sederhana ini sebagai bukti kita mencintai bumi dan tentunya agar bumi kita Panjang Umur.

  • Membawa Botol Minum

Membawa botol minum kemana kamu pergi merupakan salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur bumi kita. Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa mengurangi konsumsi air dalam kemasan yang sudah tentu kemasan plastik nya akan kamu buang setelah selesai.

Selain itu , dengan membawa botol minum kamu juga bisa menghemat penggunaan plastik lho. misalnya saat kamu membeli teh atau kopi yang sudah jadi, kamu bisa mengganti wadah plastiknya dengan botol minum yang kamu bawa.

Oh iya membawa botol minum dari rumah juga sudah menjadi tren jaman sekarang lho.

  • Menggunakan Tas kain saat berbelanja

Menggunakan tas kain saat berbelanja lebih baik dibandingkan menggunakan Kantong Plastik. Tahukah kamu bahwa Plastik membutuhkan waktu sekitar 1000 tahun untuk bisa terurai. Pemerintah pun sudah menerapkan Program “Beli Plastik Rp.200 “ bila kamu berbelanja, hal ini merupakan gerakan untuk kita lebih mencintai lingkungan. Oleh karena itu yuk mulai menggunakan tas kain saat berbelaja, karena tas kain yang sudah digunakan bisa dicuci dan di gunakan kembali, Jadi selain Cinta Lingkungan kamu juga bisa berhemat.

  • Habiskan Makananmu !

Membiasakan diri dengan menghabiskan makanan saat makan juga membantu memperpanjang umur bumi. Sebab menghabiskan makanan berarti mengurangi olahan sampah organik karena sisa makananmu tidak bisa di manfaatkan oleh orang lain, serta mengurangi limbah rumah tangga yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Menghabiskan Makanan juga salah satu wujud syukur kita atas rezeki yang tuhan berikan .

  • Menggunakan Kertas Dua Sisi

Kurangi pemborosan dalam penggunaan kertas. Tentu kita tahu bahwa kertas berasal dari Pohon. Bila kita boros dalam penggunaan kertas berarti lebih banyak Pohon yang harus di tebang dong, Hal ini salah satu penyebab rusaknya alam. So oleh karena itu biasakan menggunakan kertas di kedua sisinya ya.

  • Berhemat

Berhemat bukan hanya bisa diilakukan pada uang jajan kamu saja lho, berhemat juga bisa kamu lakukan pada penggunaan alat elektronik yang setiap hari kamu gunakan. Contoh berhemat dalam penggunaan alat elektronik adalah Mematikan Lampu di siang hari, Mematikan Televisi jika tidak ditonton, dan Mengurangi pemakaian Laptop di malam hari.

Selain berhemat pada penggunaan alat elektronik kamu juga bisa berhemat dalam penggunaan air. Matikan keran Air jika sudah tidak digunakan ya.

  • Kurangi Naik Kendaraan Pribadi

Mengurangi naik kendaraan pribadi dan beralih dengan kendaraan umum juga bisa kamu lakukan sebagai wujud cinta bumi. Tahukah kamu jika sebagian besar polusi udara yang ditimbulkan berasal dari asap kendaraan bermotor. Ya dengan mengurangi naik kendaraan pribadi berarti mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang berarti kamu membantu mengurangi polusi udara. Oh iya  selain itu menggunakan kendaraan umum bisa mengurangi kemacetan lho..

  • Buang Sampah Pada Tempatnya

Buang Sampah Pada tempatnya dimana pun kamu berada. Saat kamu sedang berada di suatu tempat dan kamu tidak bisa menemukan tempat sampah, simpan sampah mu dulu ya jangan di buang sembarangan karena tidak ada tempat sampah. Oh iya jangan lupa biasakan diri kamu untuk memisahkan sampah yang akan kamu buang. Pisahkan sampah Organik dengan sampah NonOrganik ya. Pemisahan sampah ini dapat membantu Proses daur Ulang Lho..

  • Ajak Teman

Ajak teman-teman kamu untuk melakukan hal positif diatas agar Lebih seru dan Bumi kita lebih panjang umur. (rizkayun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *