Home » Artikel » Wooww.. keren, kotoran sapi mempunyai manfaat besar

Wooww.. keren, kotoran sapi mempunyai manfaat besar

sapiSapi memberikan banyak sekali manfaat untuk manusia, bukan hanya daging atau susunya kotorannya saja bisa sangat bermanfaat, pasti kita semua bertanya – tanya lalu untuk apa kotoran sapinya?..

Pada beberapa tahun belakangan ini biogas memang sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat sudah banyak terobosan – terobosan tepat guna yang diciptakan oleh kalangan Insinyur, Akademisi maupun masyarakat umum bahkan peternak sapi. Peternak sapi telah menggunakan tekhnologi ramah lingkungan ini sebagai kebutuhan bahan bakar sehari-hari.

Dengan kata lain mereka atau masyarakat ini telah berhasil menekan dana yang harus dikeluarkan dalam kebutuhan rumah tangga umumnya, dengan tidak lagi membeli minyak tanah atau gas yang digunakan untuk memasak karna semua telah digantikan dari hasil biogas yang di dapat dari kotoran sapi .

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih jauh lagi, kami akan bahas kenapa bisa kotoran sapi dijadikan biogas. Kotoran sapi masih banyak mengandung material organik , material organik ini dapat dijadikan bahan untuk metabolisme tertentu dan bakteri tertentu . Jika bakteri tertentu memanfaatkan material organik tersebut untuk metabolisme sehingga akan didapatkan produk berupa nitrat (NO3-) itu adalah  ion – ion organik alami sebagai produk utama maupun sampingan dan produk tersebut bisa dijadikan pupuk

Sedangkan untuk biogas jika bakteri tertentu memanfaatkan material organik tersebut untuk metabolisme tertentu sehingga didapatkan produk berupa (CH4) yaitu senyawa untuk metana kimia, dan metana tersebut adalah komponen prinsipkomponen gas alami dan produk tersebut dapat dijadikan biogas metana mudah terbakar.

Semua kotoran sapi sangat berguna baik yang dipakai untuk biogas maupun yang terpakai untuk pupuk  semua tidak ada yang terbuang , bahkan limbah dari pemakaian biogas bisa dijadikan kompos untuk tanaman limbah biogas bisa langsung digunakan untuk kompos jika sudah bewarna hitam pekat dan tidak berbau.

Selanjutnya kita akan membahas cara – cara dan bahan – bahan apa saja yang digunakan untuk membuat biogas kotoran sapi, Biogas kotoran sapi di dapat dari dekomposisi anaerobik(Tanpa udara) dengan pertolongan mikrooorganisme. Pembuatan biogas dari kotoran sapi mesti dalam situasi anaerobik untuk membuahkan gas yang beberapa besar yaitu berbentuk gas metan  atau yang mempunyai karakter gampang terbakar serta karbon dioksida , gas ini lah yang dimaksud dengan biogas

Sistem fermentasi untuk pembentukan biogas harus pada suhu 30-55c, karna dimana pada suhu itu mikroorganisme dapat merombak bahan – bahan organik secara maksimal . Dan hasil dari perombakan bahan – bahan organik oleh bakteri tersebut itu yang disebut dengan gas metan.

Adapun alat – alat yang digunakan adalah, bak penampungan sementara yang berfungsi untuk mengencerkan kotoran sapi , selanjutnya Digester atau bangunan utama dari instalasi biogas, plastik penampung gas atau tabung, kompor gas serta bak penampung sisa dari hasil biogas yang digunakan untuk kompos.

Langsung ke pokkok berita bagaimana sih cara membuatnya ? langkah – langkah pembuatan biogas dari kotoran sapi , pertama agar menghasilkan biogas, kotoran sapi dicampur dengan air sampai berbentuk lumpur dengan perbandingan 1 : 1 pada bak penampung sesaat.

Lumpur dari bak penampungan sesaat lalu dialirkan ke digester , dan pada pengisian digester ini harus diisi dengan penuh , setelah itu lakuka penambahan starter , starter ini banyak dijual dipasaran sejumlah 1 liter serta isi rumrn fresh dari rumah potong hewan sejumlah 5 karung untuk kemampuan digester 3,5 – 5,0 m2. Sesudah digester penuh , kran gas ditutup agar berlangsung sistem fermentasi .

Setelah itu gas metan sudah mulai dihasilkan pada hari ke 10 sedangkan pada hari ke 1 s/d hari ke 8 gas yang terbentuk itu adalah CO2, pada komposisi CH4 54% serta CO2 27% maka biogas akan berfungsi.

Pada hari ke 14 gas sudah bisa digunakan untuk menyalakan api pada kompor gas atau keperluan yang lain , hasil biogas tidak berbau seperti bau pada kotoran sapi . Digester harus selalu diisi lumpur kotoran sapi dengan cara terus menerus atau kontinyui agar menghasilkan biogas yang maksimal dan kompos yang keluar dari digester ditampung ke bak penampungan kompos, kompos cair disarankan di kemas ke dalam deregent sedangkan bila mau di kemas kedalam karung boleh saja tetapi kompos terlebih dahulu harus dikeringkan.(lia)

2 comments

  1. waah… inget pelajaran IPA
    Pak Rizki 🙂

  2. setelah ini bakal ada penemuan apalagi yaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *