Home » ujian nasional » Empat Perjalanan Ekstrem Menuju ke Sekolah

Empat Perjalanan Ekstrem Menuju ke Sekolah

Cover_Ke-Sekolah4 Perjalanan Ekstrem Ke Sekolah.

Ironi anak zaman sekarang adalah mereka kadang malas ke sekolah. Padahal segala sesuatu telah disediakan oleh orang tuanya, mulai dari buku, transportasi, dan fasilitas lainnya untuk menunjang pendidikan sang anak. Sayangnya hal tersebut justru disalahgunakan sehingga merugikan diri sendiri maupun orang tua.

Mungkin mereka harus membaca beberapa ulasan di bawah ini. Bahwa masih ada sekolah di pelosok dunia ini yang memiliki akses jalan begitu ekstrem. Umumnya sekolah ini berada di daerah pelosok yang luput dari pantauan pemerintah setempat.

1. Sekolah di Trong Hoa, Vietnam

sumber gambar

Trong Hoa menjadi salah satu daerah terpencil di Vietnam. Disini untuk sampai ke sekolah saja, anak-anak harus menyebrang sungai tanpa adanya jembatan. Dengan kata lain, mereka harus berenang menerjang arus sungai yang besar. Sedikit terpeleset saja sudah membuat nyawa kalian melayang. Tantangan ke sekolah semakin ekstrem apabila memasuki musim penghujan dimana sungai yang dilalui pasti akan banjir.

2. Sekolah di Yerusalem, Palestina/Israel

sumber gambar

Tak hanya pergi ke sekolah, bahkan untuk keluar rumah saja sudah begitu mengerikan berada di kota Yerusalem. Di kota ini peperangan seolah menjadi ‘menu makanan’ sehari-hari masyarakat diasna. Pergi ke sekolah berarti menantang maut jika sewaktu-waktu terkena dampak dari peperangan. Meski begitu, masih ada beberapa anak yang memutuskan pergi ke sekolah demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

3. Sekolah di pedalaman hutan Kolombia

sumber gambar

Suka bermain flying fox dan ingin memainkannya setiap hari? Datang saja ke salah satu daerah di pedalaman Kolombia. Disini kamu akan melihat betapa mengerikannya untuk bisa sampai ke sekolah. Seorang anak harus menyebrangi jurang menggunakan flying fox dengan tingkat keamanan yang begitu rendah. Jika sewaktu-waktu tali yang digunakan putus, maka tidak ada lagi masa depan bagi korbannya. Sebenarnya masih ada jalur alternatif dengan masuk ke dalam hutan. Namun resikonya juga sama besarnya, belum lagi waktu perjalanan yang begitu lama.

4. Sekolah di Desa Tanjung Sanghiang, Indonesia

sumber gambar

Tak perlu jauh-juah ke luar negeri, di Indonesia tepatnya di Desa Tanjung Sanghiang, Banten, kamu akan melihat betapa ekstremnya perjalanan anak-anak menuju ke sekolah. Yang paling mengerikan adalah untuk bisa menyebrangi sungai, mereka harus menggunakan jembatan gantung yang telah rusak. Terpeleset atau mungkin tali jembatan putus, hampir dipastikan orang yang melintasinya akan tewas tenggelam di sungai Cingerang yang berada tepat dibawahnya.

Itulah tadi beberapa perjalanan ekstrem menuju ke sekolah. Semoga dengan membaca ulasan ini, kalian yang masih malas-malasan pergi ke sekolah segera sadar bahwa masih ada orang yang tak seberuntung kalian. Apa kalian tidak malu kepada mereka yang tetap semangat datang ke sekolah meski nyawa jadi taruhannya?Elly by:HerawatiAhmad Nur Kurniawan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *